13 Desember 2011

AWET MUDA BERSAMA TEMPE

                            TEMPE


 Beruntunglah bangsa Indonesia yang menemukan dan memasukkan tempe ke dalam menu makanan harian, sebab tempe mempunyai khasiat yang sangat banyak terhadap kesehehatan.
So, bagi temen – temen ku smw, jangan pernah remehkan sosok tempe ini, because “Tempe is health food for all people, but not for people alergi Tempe “
Temen2 smw, selain itu tempe bias mencegah penuaan, menurunkan kolesterol dalam darah,hingga meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
Pada prinsipnya pembuatan tempe melalui 2 tahap :
1.Tahap pemasakan
2.Tahap fermentasi dan dengan menggunakan cendawan atau kapang Rhizoporus oligosporus
Tempe termasuk makanan protein nabati karena kandungan proteinnya cukup tinggi, yaitu 18,3/100 tempe. Selain itu juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Setiap 100 gram tempe kering mengandung 10 miligram zat besi.

Nah….. Khasiat Tempe…….
1. Menghambat proses penuaan
Karena tempe mengandung superoksida dismutase ( SOD ) yang dapat mengendaliakan radikal bebas hidroksil dan sekaligus memicu tubuh untuk membentuk SOD itu sendiri.
2. Mencegah penyakit kanker
Dalam proses metabolisme diketahui, sebanyak 17 persen dri oksigen di ubah menjadi radikl bebas superokside. Padahal radikal bebas sangat berbahaya jika ada factor-faktor yang membuatnya menjadi radikal bebas hidroksil. Radikal bebas ini dapat memicu timbulnya kanker. Untungnya di dalam tempe ada SOD, karena itu dapat mencegah kanker.
3. Mencegah penyakit jantung koroner
Karena di dalam tempe mengandung zat besi, oleh karena itu dapat mencegah penyakit kanker. Karena dapat memperlancar aliran darah.
4. Menurunkan kolesterol
Kandungan serat dalam tempe merupakan komponen hidratarang yang sulit dicerna. Justru adanya serat yang sulit di cerna dan tidak mudah larut mampu mengikat kolesterol yang ada dalam asam empedu. Kemudian ikatan kolesterol keluar  bersama tinja. Dengan demikian peran serat yang tidak larut dalam tempe adalah menurunkan kolesterol darah.
5. Mencegah diare pada anak
Karena tempe dapat menghambat pertumbuhan bakteri, caranya : tempe di haluskan, campur dengan air rebusan beras.
6. Melancarkan program diet
                                      
                       Variasi Menu dari Tempe
sayur Tempe

Tempe Goreng

Roket Tempe

Perkedel Tempe

Sate Tempe

Tempe Bakar
      Mulai sekarang, cintai TEMPE ya temen – temen………….
Tempe makanan yang g’ mahal, enak, n bergizi so, g’ rugi deh klo beli tempe,
Luv TEMPE………… :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar